Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MASALAH FIKIH (FIKIH KONTEMPORER)



           azahri.com ~  Segala sanjungan dan pujian hanya  bagi Allah swt. yang senantiasa mencurahkan rahmat dan mikmat-Nya kepada kita. Dialah yang membuka pintu pemahaman dinul Islam kepada hamba-Nya  yang Dia kehendaki untuk kebaikan hamba itu.

Salam sejahtera semoga tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw. yang telah membimbing umatnya dari jalan kegelapan menuju jalan kebenaran, jalan ampunan dan ridha-Nya.

            Atas izin Allah Swt semata Blog ini menghadirkan dua tulisan mengenai  ‘ Masail Fiqhiyah’,  meskipun di sana sini masih banyak dijumpai kekurangan dan kekhilafan karena keterbatasan ilmu dan waktu bagi  penulis.  Berikutnya akan menghadirkan topik-topik hangat berkenaan dengan masail (masalah-masalah) yang mengemuka di dunia nyata maupun dunia maya.

Tulisan  dibuat sebagai bahan kajian  atau diskusi (bahtsul masail)  penulis dan pembaca Blog ini atau sesame pembaca dengan bahasa dan diksi yang sopan dan sejuk meskipun berbeda pandangan/pendapat. Masalah yang  penulis angkat adalah masalah-masalah yang mengemuka di masyarakat (aktual dan uptodate) dengan pendekatan fikih klasik maupun kontemporer  serta hukum positip.

            Sebuah pembahasan  masail fiqhiyah  adalah jenis tulisan argumentatif, maka hampir setiap pokok pikiran yang dikemukakan di dalamnya didukung oleh dalil-dalil yang meyakinkan, baik dalil naqli maupun aqli. Dalil naqli: al Qur’an,  as Sunnah dan aqwal para fuqoha tentu sangat dominan dan utama karena masail fiqhiyah berisi hukum-hukum syar’i yang berkaitan dengan amalan praktis yang diambil dari dalil-dalilnya yang rinci.

Kutipan/salinan ayat-ayat Al Qur’an dan terjemahanya diambil dari software Program Al Qur’an Al Karim Sakhr, 1997, Edisi 6.5 dan di akhir kutipannya disebutkan nama surat dan nomor ayatnya..Dalam kutipan hadist juga disebutkan di akhir kutipanya nama kitab hadist, juz dan halamanya, terkadang nomor haditsnnya, demikian pula pengambilan aqwal para fuqoha

Hal ini dimaksudkan agar para pembaca Blog  ini dapat mengecek kebenaran kutipan ayat dan hadist, termasuk kedudukan haditsnya dan aqwal fuqoha dalam kitab aslinya. Kutipan hadits dan pendapat para ulama’ hampir semua diambil dari softcopy Maktabah Samilah Edisi II, oleh karenanya ada kemungkinan  juz dan nomor halaman berbeda dengan hardcopy atau kitab yang beredar di masyarakat.

            Karena yang dikaji adalah hal yang berkaitan dengan masail fiqhiyah, yang berkarakter multi wajah tentu banyak pembahasan yang kurang memuaskan: mungkin dirasa pembaca kurang mengena, tidak fokus dan kadang keluar dari konteknya atau bahkan sudah bukan maslah lagi, maka tiada kata yang pantas diungkapkan  kecuali harap maklum dan mohon maaf seraya mengharapkan kritik dan saran yang kontruktif untuk perbaikannya.

         Bila ada secercah kebenaran, sudah barang tentu atas hidayah-Nya dan manakala dijumpai selaksa kekhilafan, semata karena keterbatasan  ilmu dan waktu yang penulis punya.

 نَسْأَلُ اللهَ أَنْ يَنْفَعَ بِهَا، وَأَنْ يَجْعَلَ عَمَلَنَا خَالِصًا لِوَجْهِهِ اْلكَرِيْمِ، وَهُوَ حَسْبُنَا وَنِعْمَ اْلوَكِيْلِ.

 

Posting Komentar untuk "MASALAH FIKIH (FIKIH KONTEMPORER)"