Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

IJAB DAN KABUL KEREN

Busana perkawinan Adat Makassar
azahri.com ~ Prosesi akad nikah yang paling seru dan terkadang menegangkan adalah saat pengucapan sighot ijab dan kabul (serah-terima). Dikatakan seru karena lazimnya ijab-kabul diucapkan dihadapan khalayak ramai (orang banyak), ada keluarga, handai tolan, teman sekolah, sejawat dan lain-lain, dimana mereka terkadang berteriak, sorak sorai bahkan mem-bully. Bagi yang kurang siap mental atau demam panggung bisa tegang sampai keluar keringat dingin. Maklum peristiwa demikian bagi kedua  mempelai   adalah pengalaman sekali seumur hidup.

Ijab kabul diperkenankan dilakukan dalam bahasa apapun, yang penting  memenuhi syarat formalitas fikiyah. Para wali dan mempelai laki-laki seyogianya menggunakan bahasa  yang dimengerti kedua belah pihak, tidak perlu karena gengsi lalu menggunakan bahasa yang tidak dimengerti.

Kata sebagian kalangan lebih keren apabila ijab-kabul menggunakan bahasa Arab atau Inggris. Tentu dengan syarat kedua belah pihak mengerti (mempelai laki-laki dan wali),  saksi dan sebagian para undangan.

Bagi kaum milenial yang kebanyakan telah “makan” bangku kuliah, ijab kabul menggunakan bahasa asing merupakan kenangan atau kebanggaan tersendiri.  

Di bawah ini penulis kemukakan  contoh teks atau bacaan ijab dan kabul pada saat akad nikah dalam tiga bahasa, bahasa Indonesia, Arab dan Inggris  yang lazim dipakai sebagai berikut:

1.                  Ijab dan kabul bahasa Indonesia

Ijab :

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ  -اَسْتَغْفِرُ الله الْعَظِيْمِ - اَشْهَدُ اَنْ لآاِلَهَ اِلاَّالله ُ- َ اَشْهَدُ أنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

(Istighfar dibaca 3 kali)               

ANANDA _________________ BIN________________

SAYA NIKAHKAN DAN SAYA KAWINKAN ANAK SAYA YANG BERNAMA _____________________ KEPADA ENGKAU.

DENGAN MASKAWINNYA BERUPA : ______________________, TUNAI.

Kabul :

SAYA TERIMA NIKAHNYA DAN KAWINNYA

_______________ BINTI _______________

DENGAN MASKAWINNYA YANG TERSEBUT TUNAI.


2. Ijab dan Kabul bahasa Arab

Ijab :

اَعُوذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَا نِ الرَّجِيْمِ * بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمِ … ×3 مِنْ جَمِيْعِ الْمَعَاصِيْ وَالذُّنُوْبِ وَاَتُوْبُ ِالَيْهِ * اَشْهَدُ اَنْ لآاِلَهَ اِلاَّالله ُ *  وَ اَشْهَدُ أنَّ مُحَمَّدًا رَّسُوْلُ اللهِ * بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُللهِ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ للهِ سَـيِّدِنَا مُحَمَّدِ ابْنِ عَبْدِاللهِ وَعَلى آلِهِ وَاَصْحَا بِهِ وَمَنْ تَبِـعَهُ وَنَصَـَرهُ وَمَنْ وَّالَهُ  *وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ اَمَّا بَعْدُ : أُوَصِيْكُمْ وَاِيَّايَ بِتَقْوَي الله فَقَدْ فَازَالْمُتَّقُوْن .

يَا ……….. بِنْ ………… ! اَنْكَحْـتُكَ وَزَوَّجْـتُكَ ِابْنَتِيْ ………………………….. بِمَهْرِ ………….. نَـقْدًا.

Kabul :

قبِلْتُ نِكَاحَهَا وَتَزْوِيـْجَهَا بِالْمَهْرِالْمَذ ْكُوْرِ نَـقْدًا

3. Ijab kabul bahasa Inggris

Ijab:

BISMILLAAHIRROHMAANIRROOHIIM

ASTAGH FIRULLOOHAL’ADZIIM 3 X

ASY HADU ALLAA ILAAHA ILLALLOOH,

WA ASYHADU ANNA MUHAMMADARROSUULULLOOH.

MR.________________________ SON OF _________________________

I MARRY OFF AND I WED OFF

MY REAL DAUGHTER ______________________ TO YOU,

WITH THE DOWRY _____________________ , IN CASH.

Kabul :

I ACCEPT HER MARRIAGE AND WEDDING :

________________ DAUGHTER OF MR. ___________________

WITH THE DOWRY MENTIONED ABOVE IN CASH.

 

Beberapa narasi/ucapan yang tidak termasuk sighot (teks) ijab kabul sering disertakan diucapkan oleh mempelai laki-laki dan wali saat sebelum dan sesudah ijab kabul. Misalnya, sebelum ijab kabul petugas dari KUA atau ustaz/kiai yang diserahi memimpin prosesi akad nikah mengajak membaca istighfar 3x , membaca dua kalimah syahat dan lain-lain.

Tujuan utama beristighfar dan syahadat adalah  agar dalam menempuh hidup baru telah terampuni dari dosa, sementara bersyahadat sebagai manifestasi keyakinan kepada Sang Pencipta telah kokoh dan kuat. Faidah lainnya untuk mengetahui kualitas bacaan mempelai laiki-laki sebagai calon imam rumah tangga.

Setelah ijab kabul biasanya dilanjutkan dengan penyerahan mahar. Kaum milenial cendrung mahar itu berupa uang dan didekorasi pada sebuah pigora. Uangnya sering ada pecahan yang kecil, sesuai tanggal menikah atau tanggal lahir kedua mempelai.

Dalam hal mahar uang dengan pecahan kecil, sering ada kesulitan mengucapkan ijab kabul jika menggunakan bahasa Arab atau Inggris, maka harus dipelajari bahkan dihafal sebelum hari akad nikah. Walahu ‘alam bishawab.

 

 

2 komentar untuk "IJAB DAN KABUL KEREN"