Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KEUTAMAAN ZAKAT, INFAK DAN SEDEKAH

 


azahri.com ~ Zakat, Infak dan sedekah banyak manfaat dan keutamaannnya, baik di dunia maupun di akhirat. Di dunia pemberi ZIS akan mendapat simpati dari sesama manusia dan di akhirat menjadi investasi berharga bagi pelakunya. Karena begitu besar manfaat sedekah sampai Al-Qur'an menyebutkan angan-angan orang Islam yang suka menunda amal shalih di dunia sehingga datang kematiannya, seandainya diberi kesempatan hidup kembali dirinya akan bersedekah dan menjadi orang shalih.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman,

وَأَنْفِقُوا مِنْ مَا رَزَقْنَاكُمْ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ فَيَقُولَ رَبِّ لَوْلَا أَخَّرْتَنِي إِلَى أَجَلٍ قَرِيبٍ فَأَصَّدَّقَ وَأَكُنْ مِنَ الصَّالِحِينَ

"Dan infakkanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang di antara kamu; lalu dia berkata (menyesali), "Ya Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian)ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang saleh.” (QS. Al-Munafiqun: 10)

Kenapa dia tidak mengatakan, "Maka aku dapat melakukan shalat,  puasa, umrah atau haji dan lain lain"? Tidaklah seorang mayit menyebutkan "sedekah" kecuali karena dia melihat besarnya pahala dan imbas baiknya setelah dia meninggal...”

Beberapa kelebihan zakat, infak dan sedekah antara lain:

1.    Bukti Kebenaran Iman

Perkara yang paling menyelamatkan orang di akhirat adalah iman. Dan sedekah adalah bukti kebenaran iman. Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:   والصدقة برهان  Sedekah adalah bukti.” (HR. Muslim). Imam Nawawi Rahimahullah menjelaskan: “Yaitu bukti kebenaran imannya. Oleh karena itu shadaqah dinamakan demikian karena merupakan bukti dari Shidqu Imanihi (kebenaran imannya).

2.    Pembebas Siksa Kubur

Sedekah dapat membebaskan pelakunya dari siksa kubur. Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda: ‏إن الصدقة لتطفىء عن أهلها حر القبور Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR. Thabrani, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Targhib, 873).

3.    Pahala Sedekah Tetap Mengalir

Pahala sedekah yang dikeluarkan seseorang akan terus mengalir kepadanya, walau ia sudah berada di liang kuburnya. Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

وعن أَبي هريرة رضي الله عنه: أنَّ رسول الله - صلى الله عليه وسلم - ، قَالَ : إِذَا مَاتَ الإنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلا مِنْ ثَلاثٍ : صَدَقةٍ جَاريَةٍ ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ  رواه مسلم .

“Apabila manusia  meninggal dunia, maka terputuslah pahala amalnya kecuali tiga perkara; salah satunya, shodaqoh jariyah.” (HR. Muslim(

4.    Benteng Api Neraka

Sedekah juga bisa menyelamatkan pelakunya dari jilatan api neraka. Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabada:

  اتَّقُوا النَّارَ وَلَوْ بِشِقِّ تَمْرَةٍ فَإِنْ لَمْ تَجِدْ فَبِكَلِمَةٍ طَيِّبَةٍ

 Hindarkan dirimu dari neraka walaupun hanya dengan separoh butir kurma, jika tidak ada maka dengan tutur kata yang baik.” (Muttafaq 'alaih)

Sedekah itu walaupun sedikit, memiliki andil untuk menjauhkan kita dari api neraka. Semakin banyak sedekah, semakin jauh kita api neraka.

5.    Memberi Naungan di Hari Kiamat

Sedekah yang dikeluarkan seseorang akan menaunginya di akhirat. Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam menceritakan tentang 7 jenis manusia yang mendapat naungan di hari kiamat yang tidak ada naungan lain selain dari Allah di hari itu. Salah satunya adalah:

رجل تصدق بصدقة فأخفاها، حتى لا تعلم شماله ما تنفق يمينه“

Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.” (HR. Al-Bukhari (Dalam hadits lain,

  كل امرء في ظل صدقته حتى يقضى بين الناس

Setiap orang dibawah naungan sedekahnya hingga diputuskan hukum diantara manusia.” (HR Ahmad dan Hakim dan dishahihkan oleh Al-Albani(

Mengingat banyaknya manfaat bersedekah,  terutama di alam akhirat kelak bagi pelakuknya, maka wajar jika jenazah  minta hidup kembali untuk bersedekah dan menjadi orang yang shaleh. Untuk itu mari kita gelorakan semangat bertsedekah di bulan yang penuh berkah ini selagi kita masih diberi umur oleh Pemberi Kehidupan. Wallahu a’lam.


Posting Komentar untuk "KEUTAMAAN ZAKAT, INFAK DAN SEDEKAH"