Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PANTAI PRIGI TRENGGALEK, PESONA WISATA ALAM


1.      Wisata Trenggalek

azahri.com ~ Destinasi wisata di Kabupaten Trenggalek tidak kurang dari 47 objek. Ada yang dikelola Pemkab Trenggalek melalui dinas terkait, ada yang dikelola pemerintah desa, bahkan  kelompok masyarakat/paguyuban.

Karena pengelolanya beragam, maka ada yang gratis alias tidak ada tiket masuk dan ada yang berbayar. Tanpa tiket masuk: Hutan Kota, Trenggalek Agropark, Vandilem Wilis, Putri Maron dll. Berbayar pakai tiket masuk: Gua Ngerit, Gua Lowo, Pantai Prigi, Hutan Mangruve, Pantai Pasir Putih, Pantai Mutiara dll.

Baik yang berbayar maupun yang gratis tidak mengurangi keindahan dan  kenyamanan pada objek tersebut, tergantung tujuan  dan selera masing-masing orang. Ada yang suka dengan suasana kota, maka pilihanya antara lain: Alun-alun Kota Trenggalek, Huko (hutan Kota) , Agropark, Agrogreen dll. Happy dengan alam pegunungan maka datang ke Putri Maron, Dilem Wilis, Tebing Linggo, Gua Ngerit dll.

Mereka yang berkantong tipis, pilahannya yang gratis atau yang murah meriah dengan kendaraan motor, dimana motor bisa menembus semua objek wisata yang belum dijangkau oleh kendaraan roda empat.

2.      Pantai Prigi

Pantai Prigi Trenggalek  berjarak 1 jam perjalanan atau 48 km dari kota Trenggalek, berada di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, pesisir selatan laut Jawa. Sedang ada proyek Jalur Lintas Selatan (JLS), jalur Jogja sampai Banyuwangi.

Fasilitas yang tersedia di pantai Prigi antara lain: gasibo tempat nongrong sepanjang pantai, area bermain, spot foto, kamar mandi/toilet yang cukup banyak, mushala dan masjid. Banyak warung atau depot yang menjajakan makanan berat dan ringan, ikan kering, ikan bakar, ikan asap dengan harga terjangkau.

Taman Pantai Prigi

Pilihan yang agak mahal adalah depot menu ikan dasar dan seafood. Beragam menu ikan dasar antara lain: kakap, kerapu, bubarak, putihan, dorang dsb. Seafood: cumi, udang, kerang dsb, dilengkapi aneka minuman: kelapa muda, kelapa muda bakar, aneka jus buah, teh dingin/hangat dan kopi susu, kopi jahe. Tempatnya bersih dan luas, makan sambil menikmati deburan ombak pantai selatan.

Pantai Prigi adalah destinasi wisata yang paling tua dibanding distinasi wisata di sekitarnya yang tumbuh subur, antara lain pantai pasir puti Karanggongso, pantai Mutiara, Pantai Damas, hutan Mangrove dll. Pantai Prigi ombaknya besar sehingga wisatawan di larang mandi di sini karena cukup membahayakan keselamatan mereka.

Tiket masuk di pantai Prigi cukup terjangkau per orang pada hari Senin – Jumat cukup Rp7.000,00 dan Sabtu – Ahad Rp10.000,00, dan parkir motor Rp2.000,00, mobil antara Rp3.000,00 – Rp5.000,00.

Pantai Prigi panorama pemandangan laut sangat indah dan esotik. Banyak gunung yang berdiri tegak di tepi laut selatan sepanjang mata memandang. Garis pantai yang berkelok sepanjang teluk Prigi, perahu nelayan dan keramba ikan tak sepi dari lalu lintas manusia mencari rezeki Allah Swt. Tiada ungkapan yang layak kita ungkapkan sebagi muslim kecuali “Masya Allah”

3.      Pantai Pasir Putih Karanggongso

Tak jauh dari pantai Prigi, ke arah timur selepas pelabuhan rakyat/nelayan tradsional terdapat pantai Pasir Putih. Disebut demikian karena terdapat hamparan pasir warna putih yang menghiasi sepanjang bibir  pantai. Pantainya landai dengan ombak yang tenang karena ada di posisi lengkungan Teluk Prigi.

Pantai Pasir Putih Karanggongso

Pantai Pasir Putih Karanggongso memiliki pepohonan yang besar dan rindang sehingga cocok untuk kongko-kongkou sambil memanjakan mata menikmati indahnya pemandangan laut selatan yang berbukit-bukit nan hijau.

Jika Anda ingin refreshing maka salah satu pilihan yang mengasikkan adalah pantai Pasir Putih Karanggongso Prigi Tenggalek ini. Masyarakat sekitar pantai punya usaha penyewaan perahu untuk keliling teluk. Anda bisa berlayar dengan aman, dipandu  awak perahu yang berpengalaman serta fasilitas safety (pelampung) masing-masing pengguna jasa perahu.

Naik perahu dan berlayar di sekitar Teluk Prigi memang mengasyikkan. Birunya air laut, ombak laut yang melambai dan bersahabat, tiupan angin sepaoi-poi basah, disertai sorak sorai para pengunjung seakan ingin berlama-lama dan tak terasa tiba-tiba matahari sudah merendah di ufuk barat.

Wisatawan yang punya nyali bisa  naik Banana Boat, perahu karet mirip buah pisah,  dinaiki maksimal 8 atau 10 orang. Berjalan kencang dan berkelok dan suatu saat awak Banana memberi isyarat membentangkan tangan, sejurus kemudian menikung sampai para punumpang terjebur ke laut. Siap basah kuyup dan terombang-ambing di atas laut.

Sehabis main ombak dan pasir, wisatawan dapat dengan mudah menemukan tempat mandi, mushala dan warung makan sepanjang pantai Pasir Putih. Makanan bisa dipesan dan diantar ke tempat wisatawan. Atau bisa juga membawa makanan dari rumah bisa  disantap bersama keluarga. Sungguh seru dan asyik. 

4.      Pantai Mutiara

Dari pantai Pasir Putih Karanggongso bergeser ke selatan dari sisi Timur melawati proyek pembangunan pelabuhan Teluk Prigi atau pelabuhan Samudra Hindia Trenggalek  dengan melewati jalanan makadam/belum aspal akan menjumpai pintu masuk ke pantai Mutiara. Di pintu masuk ini para pengunjung/wisatawan akan dikenai tiket masuk antara Rp7.000,00 sampai Rp10.000,00.

Pantai Mutiara, demikian disebut, karena di ujung pantai sisi selatan ada pulau kecil  berupa bukit yang mirip mutiara bila dipandang dari kejahuan. Pantai Mutiara nampak masih lebih “perawan” dibanding pantai lain di sekitar Teluk Prigi.

Telah berdiri fasilitas baru di pantai ini, sebut saja warung makan, MCK, tempat parkir, mushala dll. Di tempat ini juga sudah ada persewaan perahu, banana boat, kano dan semacamnya. Cocok untuk anak-anak main pasir dan ombak di pinggir pantai. Ada pula ayunan besar terbuta dari kayu untuk santai.

Singkat kata, pantai Prigi, pantai Pasir Putih Karanggongso dan pantai Mutiara dalam satu kawasan teluk Prigi yang indah dan mempesona. Namun di sisi barat masih ada wisata hutan Mangrove, panta Damas dan tempat wisata alam dan kliner yang lain sebelum sampai ke pantai Prigi, yakni Guo Lowo. Guo terpanjang dan terindah di Asia Tenggara. Ikuti informasi tentang Guo Lowo di episode berikutnya.



Posting Komentar untuk "PANTAI PRIGI TRENGGALEK, PESONA WISATA ALAM"