Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KHOTBAH JUMÁT: UMAT PERTENGAHAN

KHOTBAH JUMÁT: UMAT  PERTENGAHAN


اَلْحَمْدُ للهِ ذِي اْلفَضْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَاْلكَرَمِ وَاْلاِمْتِنَانِ، اِصْطَفَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدًا صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى جَمِيْعِ بَنِي اْلإِنْسَانِ، وَأَدَبَّهُ فَأَحْسَنَ تَأْدِيْبَهُ فَكَانَ خُلُقُهُ اْلقُرْآنَ، وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ فِي اْلأُلُوْهِيَةِ وَالرُّبُوْبِيَةِ وَاْلأَسْمَاءِ وَالصِّفَاتِ الْحَسَانِ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ المََبْعُوْثُ بِمَكاَرِِمِ اْلأَخْلاَقِ وَأَتِمُّ اْلأَدْياَنَ، صَلِّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَالتَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِإِحْسَانٍ. اَمَّا بَعْدُ : يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا الله َ وَقُولُوا قَوْلاًسَدِيدًا . يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ الله َ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا. 
Kaum Muslimin A’azzakumullah!
Marilah kita senantiasa berusaha memperteguh iman kita, sehingga kita tidak mudah tergelincir menghadapi berbagai macam ragam faham atau isme yang bisa memperlemah iman kita dan  dan mengacaukan kehidupan  ukhuwah Islamiyah kita. Dengan tetap berpegang teguh pada al Qur’an dan as Sunnah dengan pemahaman yang benar. 
Dalam menghadapi banyak hal dalam kehidupan ini sering kita merespon secara berlebihan dan tidak proporsional. Demikian pula dalam membaca tels-teks al Qur’an dan as Sunah sering mengambil makna sempit/tekstual dan tekadang mengambil makna yang terlalu longgar/liberal. Al Qur’an dan as Sunah telah mengajarkan kepada kita untuk mengambil posisi tengah dalam menghadapi banyak persoalan dalan kehidupan, sebagaimana firman Allah swt dalam al Baqarah ayat 143:
وَكَذَلِكَ جَعَلْنَاكُمْ أُمَّةً وَسَطًا لِتَكُونُوا شُهَدَاءَ عَلَى النَّاسِ وَيَكُونَ الرَّسُولُ عَلَيْكُمْ شَهِيدًا
’Dan demikian (pula) Kami telah menjadikan kamu (umat Islam), umat yang pertengahan (adil dan pilihan) agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan) kamu”.  Juga kepada sabda Nabi saw.::
عن مطرف ، قال : « خيرُ الأمورِ أوساطُها » شعب الإيمان للبيهقي - (14 / 113)
Dari Mudraf, Nabi bersabda: ”Sebaik-baik perkara yang pertengahan”. (HR. Baihaki)
Sidang Jumaat yang dimuliakan Allah swt!
           Wasath dari kata “wasatha-yasithu-wasathan“, arti harfiahnya pertengahan. Dalam tafsir Jalalain wasath diartikan adil dan pilihan. Ar-Raghib al-Ashfahani dalam Mu`jam Mufradât Alfâzh al-Qur'ân mengatakan bahwa kata wasath berarti sesuatu yang memiliki dua sisi dengan ukuran yang berimbangan (ma lahu tharâfani mutasâwiyâni 'l-qadr).
Umatan Wasathan (Umat Pertengahan) itu berarti umat yang mengambil sikap tengah, tidak berhaluan  ke kiri-kirian dan tidak terlalu ke kanan, bukan ektrim kiri dan tidak pula ektrim kanan, tidak masuk kelompok liberal dan tidak juga fundamental; berada di garis tengah antara kedua kutub tersebut. 
Sayid Qutub dalam Fidhilalil Qur’an, menjelaskan bahwa yang dimaksud pertengahan antara lain dalam: tashwir/pandangan hidup (antara spritualisme – materialisme), pemikiran (antara jumud – modern), hukum (hukum Allah – hukum manusia), ikatan dam hubunmgan (komunisme – leberalisme), tempat,zaman dll.
Dalam mengelola kehidupan umat pertengahan bersikap adil, tidak terjebak pada spritualisme, mengutamakan kehidupan rohani dengan terus-menerus beribadah di Masjid seraya mengabaikan urusan jasmani/duniawi. Tidak pula materialisme, yaitu seluruh aktifitas hidupnya untuk mengejar kehidupan materi guna memenuhi kebutuhan indrawi.
وَابْتَغِ فِيمَا آتَاكَ اللهُ الدَّارَ الآخِرَةَ وَلا تَنْسَ نَصِيبَكَ مِنَ الدُّنْيَا وَأَحْسِنْ كَمَا أَحْسَنَ اللهُ إِلَيْكَ وَلا تَبْغِ الْفَسَادَ فِي الأَرْضِ إِنَّ الله َ لا يُحِبُّ الْمُفْسِدِينَ  [القصص : 77]
Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (keni`matan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.
Terkait dengan hubungan kepemilikan/modal tidak cendrung kepada kapitalisme, mengagungkan hak-hak individu dengan upaya menumpuk harta untuk kepentingan pribadi tanpa peduli kepada orang lain. Dan tidak pula berfaham komunisme, dimana hak individu terhadap aset telah digantikan kekuasaan negara, sehingga hak-hak induvidu tidak diakui lagi. Umat pertengahan berdiri di tengah, dalam arti hak individu dihargai, tetapi pada hak individu ada hak orang lain sebagai perwujudan hubunggan sesama manuasia.
وَفِي أَمْوَالِهِمْ حَقٌّ لِلسَّائِلِ وَالْمَحْرُومِ [الذاريات : 19]
Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bahagian.
Dalam konteks fiqhiyah (pemahaman keagamaan), tidak semata-mata salafi dan juga bukan anti khalafi, namun berada pada maqom wasathi. Faham salafi cendrung memutlakkan  pendapat atau pemahaman  ulama tempo dulu: era shahabat, tabi’in, tabi’ut-tabiin dan entah sampai era mana, belum jelas batasannnya. Seraya menafikan hasil ijtihad ulama yang datang belakangan bila pendapat mereka tidak sama atau bahkan belum pernah dikemukakan oleh ulama terdahulu (salaf).  
Sementara kelompok khalafi lebih berpihak pada pendapat ulama masa kini, terutama dalam hal-hal yang belum pernah ada atau terjadi pada zaman Islam generasi awal, tanpa perlu mengklarifikasi subtansi pendapat tersebut dengan nash-nash umum sebagai bingkai syari’at. Adapun faham wasathi  mengambil pendapat/hasil ijtihad dari kedua jalur tersebut sepanjang memiliki dasar pijakan nash yang kuat.
Faham salafi lebih kental bernuansa tekstual, sementara khalafiyah lebih bercirikan konstektual. Wasathiyah berdiri di antara keduanya, yaitu berkarakter tekstual – konstektual. Salafiyah lebih bercorak fundamental dan khalafiyah bercoral liberal, sedang wasathiyah bergaya moderat.
Umat pertengahan yang berwatak adil dan unggul  tidak memutlakkan pendapatnya pasti benar dan tanpa cacat, juga tidak mudah menjustifikasi pendapat orang lain salah, bertentangan dengan syari’at, bahkan bid’ah dhalalah. Tapi bersikap lebih kritis, bijak  dan arif demi kemaslahatan, persatuan dan kesatuan umat Islam.
Karena itulah, ciri umat ini adalah berpikir secara holistis (menyeluruh). Tidak hanya mengambil satu ayat, melainkan setiap ayat dikaitkan dengan ayat lain. Tidak hanya itu, juga dikaitkan dengan hadis, serta pandangan-pandangan para sahabat Rasulullah. Selain itu, kita juga harus bersikap tawazzun (seimbang), karena segala sesuatu yang seimbang itu baik. Selain itu, kita harus bersikap i’tidal (lurus).
Kaum Muslimin A’azzakumullah !
          Kasus yang masih sering mengemuka di kalangan umat dan menjadi bahan mudazakarah di antara mereka adalah masalah bid’ah dan segala aspeknya. Bid’ah terkadang dijadikan amunisi untuk menyerang kelompok lain, bahkan sebagai alat takfir antar saudara sesama Muslim.
            Untuk memperoleh gambaran singkat tentang bid’ah dari pendekatan: kelompok salafi, khalafi dan wasathi dapat dihadirkan paparan sebagai berikut:
Pengertian bid’ah dari segi bahasa dan istilah di antara ketiga kelompok tersebut di atas nyaris tidak ditemukan perbedaan yang berarti. Pada umumnya yang dimaksud bid’ah secara lughowi adalah: membuat sesuatu yang baru tanpa ada contoh sebelumnya. Dan dalam istilah agama berarti membuat sesuatu cara yang baru dalam ibadah tanpa ada dasar hukumnya.  Sesuai fieman Allah swt:
بَدِيعُ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ وَإِذَا قَضَى أَمْرًا فَإِنَّمَا يَقُولُ لَهُ كُنْ فَيَكُونُ [البقرة : 117]
Allah Pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka (cukuplah) Dia mengatakan kepadanya: "Jadilah". Lalu jadilah ia.
    Jika kita telaah perbedaan di antara mereka yang mencolok adalah pada tingkat implentasinya/penerapannnya.
Pertama, kelompok salaf menetapkan bahwa semua hal baru dalam agama yang tidak ada contoh atau tidak pernah dilakukan  Rasulullah dan para shahabat masuk katagori bid’ah, dan semua bid’ah dhalalah. Argumentasi yang sering mereka kemukakan antara lain sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:
عَنْ عَائِشَةَ - رضى الله عنها - قَالَتْ قَالَ رَسُولُ الله صلى الله عليه وسلم - مَنْ أَحْدَثَ فِى أَمْرِنَا هَذَا مَا لَيْسَ فِيهِ فَهُوَ رَدٌّ . صحيح البخارى - (10 / 17)- صحيح مسلم - (11 / 402)
"Barangsiapa yang membuat (sesuatu yang baru) dalam urusan (agama) kita ini, yang bukan darinya (Al-Qur'an dan Hadits) maka dia adalah tertolak." (HR Bukhari dan Muslim)
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: فَإِنَّ خَيْرَ الْحَدِيثِ كِتَابُ اللهِ، وَخَيْرَ الْهَدْيِ هَدْيُ مُحَمَّدٍ ، وَشَرَّ الأُ مُورِ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلالَةٌ ) رَوَاهُ مُسْلِمٌ (
"Sebaik-baik perkataan adalah kitab Allah, sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Rasulullah dan sejelek-jelek perkara (dalam agama) adalah yang diada-adakan. dan setiap bid'ah (yang diada-adakan yang baru) itu sesat”. (HR Muslim)
Berdasarkan dalil hadits tersebut di atas mereka (salafiyah) berpendapat: peringatan Mauild Nabi, Tahun Baru Islam,  Isra’-Mi’raj, mengadakan acara Halal bi Halah, menentukan waktu shalat dengan jadwal waktu dan jam, mengetahui awal bulan (Ramadhan dan Syawwal) dengan hisab dsb. adalah bid’ah secara mutlak dan perbuatan sesat, karena Rasulullah dan para shahat tidak pernah mengerjakan hal itu. Jika hal-hal tersebut memang punya nilai ibadah kepada Allah swt tentu rasul dan para shahabat pasti mengerjakannnya. 
Pertanyaannya kemudian, bagaimana dengan penulisan al Hadist, sistem pembelajaran dengan menggunakan tingkat dan kelas, memberi honor/gaji kepada guru/ustadz, yang zaman nabi dan para shahabat belum pernah dilakukan, apa termasuk bid’ah sesat juga?
Kedua, kelompok khalaf. Menurut kelompok ini bahwa tidak semua perkara yang baru dalam urusan agama tergolong bid’ah yang sesat, karena ada perkara baru dalam urusan agama, namun masih sesuai dengan ruh syari’ah atau salah satu cabangnya (furu’nya). Mereka mengatakan bid’ah itu ada yang baik dan ada yang jelek, sebagaimana  pendapat  Imam Syafi’i:
اَلْبِدْعَةُ ِبدْعَتَانِ : مَحْمُوْدَةٌ وَمَذْمُوْمَةٌ, فَمَاوَافَقَ السُّنَّةَ مَحْمُوْدَةٌ وَمَاخَالَفَهَا فَهُوَ مَذْمُوْمَةٌ
Bid’ah ada dua, bid’ah terpuji dan bid’ah tercela, bid’ah yang sesuai dengan sunnah itulah yang terpuji dan bid’ah yang bertentangan dengan sunnah itulah yang tercela”. (Ushulul Iman Juz I, hal 166) Juga pendapat Umar Ibnul Khattab, setelah mengadakan shalat Tarawih berjama’ah yang diimami oleh sahabat Ubai bin Ka’ab beliau berkata :نِعْمَتِ اْلبِدْعَةُ هذِهِ Sebagus bid’ah itu ialah ini”. 
            Disamping itu, adanya bid’ah hasanah dan sayyiah mereka berhujjah dengan  hadits Nabi SAW. sebagai berikut:
مَنْ سَنَّ فِى اْلاِسْلاَمِ سُنَّةً حَسَنَةً فَلَهُ أَجْرُهَا وَأَجْرُ مَنْ عَمِلَ بِهَا مِنْ غَيْرِ اَنْ يَنْقُصَ مِنْ أُجُوْرِهِمْ شَيْئًا وَمَنْ سَنَّ فِى اْلاِسْلاَمِ سُنَّةً سَيِئَةً فَعَلَيْهِ وِزْرُهَاوَوِزْرُ مَنْ عَمِلَ بِهَا مِنْ غَيْرِاَنْ يَنْقُصَ مِنْ أَوْزَارِهِمْ شَيْئًا. صحيح مسلم - (2 / 704)
 Barang siapa yang mengada-adakan satu cara yang baik dalam Islam maka ia akan mendapatkan pahala orang yang turut mengerjakannya dengan tidak mengurangi dari pahala mereka sedikit pun, dan barang siapa yang mengada-adakan suatu cara yang jelek maka ia akan mendapat dosa dan dosa-dosa orang yang ikut mengerjakan dengan tidak mengurangi dosa-dosa mereka sedikit pun”.
Dengan penjelasan bid’ah seperti di atas, maka memakai tasbih, melafazhkan niat shalat, tahlilan untuk mayyit, ziarah kubur, dan semacamnya, itu semua bukanlah bid’ah yang sesat, tapi bid’ah hasanah, karena tidak bertentangan dengan nash syariah. Adapun praktek-praktek, seperti pungutan di pasar-pasar malam, main judi dan lain-lainnya merupakan bid’ah yang tidak baik.
Ketiga, Kelompok tengah  mengambil posisi di antara keduanya. Muhammadiyah membagi urusan agama (ibadah) menjadi dua bagian: ibadah mahdhah (khusus) dan ibadah ghoiru mahdhah (ibadah umum) atau disebut juga muamalat duniawiat. 
Dalam urusan ibadah mahdhah Muh. berpegang pada hadits yang diriwayatkan oleh al-Bukhari dan Muslim tersebut di atas, yakni “barangsiapa yang mengada-adakan dalam urusan ...dst. Yang dimaksud dengan “mengada-adakan dalam urusan kami” ialah mengadakan sesuatu dengan kemauan sendiri dalam hal aqidah dan ibadah mahdhah, baik secara keseluruhan ataupun  sebagian dengan cara menambah yang sudah baku.Seperti menambah lafadz adzan dengan bacaan shalawat, melafadzkan niat shalat dsb.
Adapun kedudukan Hadis yang berbunyi “man sanna fil-Islam sunnatan ha­sanatan ... dan seterusnya” difahami dalam konteks ibadah umum (mu’amalah duniawiat) bukan dalam kontek ibadah mahdhah. Seperti: menetapkan sistem organesasi, membangun sekolah dengan sistem tingkat dan kelas serta bukti akhir studi diberi ijazah dsb. bukan perbuatan bid’ah, tapi sunah (perbuatan) yang baik.
Dengan demikian Muh membatasi  bid’ah hanya ada dalam aqidah dan ibadah mahdhah saja, di luar kedua hal itu bukan  bid’ah namanya. Maka di Muh. tidak dikenal bid’ah hasanah yang ada semua  bid’ah itu adalah sesat.
Muhammadiyah berpendirian bahwa membuat sesuatu yang baru dalam agama/ibadah mahdhah adalah haram hukumnya, karena hukum asal dalam ibadah mahdhah  adalah tauqif (terbatas pada apa yang diajarkan oleh syari'at).
أَنَّ الأَصْلَ فِي الْعِبَادَاتِ التَّوْقِيفُ، وَلَمْ تَصِحَّ الزِّيَادَةُ عَلَى ذَلِكَ - شرح البهجة الوردية - (4 / 150)
Asal ibadah itu penetapan, tidak dibenarkan adanya tambahan. Dalam  ibadah mahdhah otoritas berada pada Allah dan rasul-Nya, sehingga setiap ibadah yang kita lakukan harus berdasarkan nash. Jika  tidak ada nash maka tertolak. Sementara membuat sesuatu yang baru dalam hal keduniaan/muamalat duniawiat boleh-boleh saja, karena hukum asal dalam keduniaan  itu adalah mubah
الأَصْلُ فِي الأَشْيَاءِ الإِبَاحَةُ حَتَّى يَدُلُّ الدَّلِيلُ عَلَى التَّحْرِيمِ .- الأشباه والنظائر - (1 / 107)
Asal masalah keduniaan itu boleh kecuali ada dalil yang melarangnya.
Yang sering menjadi persoalan adalah batasan antara urusan dunia dan agama/ibadah mahdhah. Batasan yang jelas mengenai urusan dunia telah dirumuskan para ulama yang tergabung dalam Majlis Tarjih Muhammadiyah, yaitu:
َاْلمُرَادُبِاَمْرِالدُّنْياَ فىِ قَوْلِهِ صلعم: اَنْتُمْ اَعْلَمُ باِمْرِدُنْياَكُمْ – هُوَاْلأُُمُوْرُاَلَّتىِ لمَ ْيُبْعَثْ ِلاَجْلِهاَ اْلأَنْبِياَءُ
Yang dimaksud urusan dunia sebagaimana sabdanya saw,” Kamu lebih tahu tentang urusan duniamu”, adalah semua urusan yang tidak menjadi tugas diutusnya para nabi.
            Bersandar cara pandang tersebut di atas, maka kelompok tengah  dalam menentukan apakah sesuatu perkara itu bid’ah atau tidak harus dilihat dari subtansinya (motivasi dan pelaksaannya). Bila perbuatan yang diada-adakan itu dianggap syariat Islam dengan tata cara yang standar dan baku layaknya ibadah mahdlah, tidak boleh kurang dan lebih, maka  masuk wilayah bid’ah. Tapi jika sesuatu yang baru itu di luar ibadah mahdhah dan hanya sebagai media dakwah, tidak diyakini sesuatu yang baku dengan ritual khusus, maka tidak masuk area bid’ah. 
            Contoh, peringatan maulid Nabi. Manakala hanya sebagai wasilah/media untuk menjelaskan sirah nabawiyah melalu ceramah umum atau khusus, bukan masuk bid’ah. Namun bila disebut perayaan dengan kaifiyah tertentu: membaca berzanji, dziba’ dengan shalawat qiyam dan julusnya, percaya roh nabi datang dsb, dan diyakini ritualnya harus seperti itu, maka  masuk perbuatan bid’ah.
            Kelompok salafi dalam memandang sesuatu yang baru yang terkait dengan urusan agama, tanpa dipilah dan dipilih terlebih dahulu dengan serta merta dihukumi barang bid’ah. Sehingga banyak sekali praktek keagamaan di kalangan umat yag didakwa bid’ah dan sesat hanya karena zaman nabi belum pernah ada. Sementara kelompok khalafi memahami bahwa sesuatu yang baru bila baik dan tidak bertentangan dengan syariat sah-sah saja diamalkan, jikapun disebut bid’ah masuk bid’ah hasanah. Nyaris di kalangan mereka tidak ada bi’ah yang sesat.
            Kelompok wasathi melihat sesuatu yang baru secara lebih kritis dan diteil. Jika yang baru itu dalam urusan ibadah mahdhah maka masuk barang bid’ah, namun bila inovasi baru itu dalam urusan ibadah umum maka bukan barang bid’ah, baleh jadi masuk sunatan hasanatan (perbuatan yang baik).
            Semoga Allah senantiasa membimbing kita ke jalan yang lurus. Jalan orang yang telah diberi nikamt, bukan jalan orang  yang dimurkai lagi sesat. Amin!
باَرَكَ اللهُ لِى وَلَكُمْ فىِ اْلقُرْانِ اْلكَرِيْمِ وَنَفَعَنِى وَاِيَّاكُمْ بِمَافِيْهِ مِنَ اْلأَيَاتِ وَالذِّكْرِاْلحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنِّى وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ اِنَّهُ هُوَالسَّمِيْعُ اْلعَلِيْمُ وَقُلْ رَبِّ اغْفِرْوَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِيْنَ ٭

الخُطْبَةُ الثَّانِيَةُ
اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ اْلعَالمَِيْنَ وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى اُمُوْرِالدُّ نْيَاوَالدِّيْنِ٭ وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ اْلمَلِكُ اْلحَقُّ اْلمُبِيْنُ٭ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ صَادِقُ اْلوَعْدِ اْلاَمِيْنُ ٭ صَلاَةًوَسَلاَمًادَائِمَيْنِ مُتَلاَزِمَيْنِ عَلَى اَشْرَفِ اْلاَنْبِيَاءِ وَاْلمُرْسَلِيْنَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ٭
اَمَّابَعْدُ فَيَاعِبَادَاللهِ اُوصِيْكُمْ وَاِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ٭ فَقَالَ تَعَالَى { إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا } اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَيْهِ٭ اللَّهُمَّ اغْفِرْلِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِماَتِ اْلأََحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ٭ رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ٭ رَبَّنَا لاَ تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا رَبَّنَا وَلا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا رَبَّنَا وَلا تُحَمِّلْنَا مَا لاطَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلاَنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ٭ رَبَّنَا لاَ تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ٭ رَبَّنَا إِنَّنَا سَمِعْنَا مُنَادِيًا يُنَادِي لِلإِيمَانِ أَنْ آمِنُوا بِرَبِّكُمْ فَآمَنَّا رَبَّنَا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَكَفِّرْ عَنَّا سَيِّئَاتِنَا وَتَوَفَّنَا مَعَ الأَبْرَار٭  رَبَّنَا وَآتِنَا مَا وَعَدْتَنَا عَلَى رُسُلِكَ وَ لاَ تُخْزِنَا يَوْمَ الْقِيَامَةِ إِنَّكَ لاَ تُخْلِفُ الْمِيعَادَ٭ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا٭ رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالإِيمَانِ و لاَ  تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلاً لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ٭  رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ٭ سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ٭ وَسَلامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ٭ وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ٭
عِبَادَ اللهِ إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِاْلعَدْلِ وَالإِحْسَانِ وَإِيْتاَءِ ذِيْ اْلقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشاَءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْيِ، يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ، فَاذْكُرُوْا اللهَ العَظِيْمَ يَذْكُرُكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلَى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ٭

Posting Komentar untuk "KHOTBAH JUMÁT: UMAT PERTENGAHAN"