Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SYARIAT ISLAM SUMBER PANDUAN UTAMA MERAIH SAMAWA

 


azahri.co ~ Panduan utama meraih rumah tangga  sakinah, mawadah dan rahmah atau toto tentrem kerto raharjo adalah syariat (aturan main) dari Sang Pencipta. Aturan main dimaksud tentu Islam.  Mengapa Islama? Karena Islam syariat  paripurna untuk umat akhir zaman sepanjang masa. Juga karena dia  di-setting oleh Sang Pencipta alam semesta yang Mahatahu kebutuhan dan karakter manusia.

 Dikatakan paripurna karena syariat ini mengatur hal-hal yang besar dan menyangkut hajat hidup orang banyak, seperti masalah ketatanegaraan, pemerintahan, peradilan dsb. sampai hal-hal yang dianggap sepele:  ber-istinjak (cebok), tidur, makan-minum dsb. Hanya garuk-garuk  kepala yang tidak diatur dalam Islam. Firman Allah swt.:

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا

…. Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu….(QS. Al Maidah [5]:03)

Tak terkecuali soal hukum keluarga (الأحوال الشّخْصيَّة), khususnya pernikahan. Islam telah memberikan petunjuk yang lengkap dan rinci, mulai dari anjuran menikah, cara memilih pasangan yang ideal, melakukan khitbah (peminangan), hak dan kewajiban suami-istri, cara mengasuh dan mendidik anak, memberikan jalan keluar jika terjadi kemelut dalam rumah tangga, proses penetapan ahli waris, porsi masing-masing dari harta warisan, pendek kata, semua diatur oleh Islam secara rinci, detail dan gamblang.

Bahwa jika kita ingin sukses membangun rumah tangga dan membawa bahtera rumah tangga tetap aman dan sentosa sampai akhir hayat kita, maka resepnya tiada lain kecuali mengikuti panduan (guidance) yang telah ditetapkan Allah swt dan rasul-Nya.

Panduan dalam hukum keluarga telah dibuat oleh Syaari' (pembuat undang-undang) secara rinci dan detail dalam bentuk teknik operasional. Bahkan  hampir setiap ayat yang menjelaskan hukum keluarga Allah swt. memberikan stressing dengan ungkapan: 

تِلْكَ حُدُودُ اللهِ فَلا تَعْتَدُوهَا وَمَنْ يَتَعَدَّ حُدُودَ اللهِ فَأُولَئِكَ هُمُ الظَّالِمُونَ.

Itulah hukum-hukum Allah, maka janganlah kamu melanggarnya. Barangsiapa yang melanggar hukum-hukum Allah mereka itulah orang-orang yang zalim.(QS. Al Baqarah [2]: 229)

            Disamping panduan utama, ada turunannya: narasi bijak dari para ulama/ahli ilmu, peraturan perundang-undangan dan budaya luhur atau adat istiadat. Turunan panduan utama memperkaya sumber rujukan dalam meniti langkah menuju samawa dan melestarikannya.

 

 

Posting Komentar untuk "SYARIAT ISLAM SUMBER PANDUAN UTAMA MERAIH SAMAWA"